Jumat, 12 April 2013

Data-data Kuliah

Tugas 1 Metodologi Penelitian
Membuat Judul TA dan Latar Belakang
http://id.scribd.com/doc/135562918/Tugas-1-Latar-Belakang
Nama                : Dindin Zaenal Abidin
NPM                 : 107006202
Kelas                 : VI D
Mata Kuliah    : Metodologi Penelitian
Judul                : Implementasi Pengamanan Basis Data dengan Teknik Enkripsi
Latar Belakang Masalah
Berbagai organisasi, perusahaan, atau pun pihak – pihak lain telah memanfaatkan teknologi basis data untuk menyimpan dan mengelola data organisasi atau perusahaannya. Saat ini keamanan terhadap data yang tersimpan dalam basis data sudah menjadi persyaratan mutlak. Pengamanan terhadap jaringan komputer yang terhubung dengan basis data sudah tidak lagi menjamin keamanan data karena kebocoran data dapat disebabkan oleh “orang dalam” atau pihak – pihak yang langsung berhubungan dengan basis data seperti administrator basis data. Hal ini menyebabkan pengguna basis data harus menemukan cara untuk mengamankan data tanpa campur tangan administrator basis data.
Kriptografi dapat digunakan untuk mengamankan data. Oleh karena itu, pengguna basis data membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan keamanan akan data yang disimpannya. Penerapan kriptografi pada Tugas Akhir ini akan difokuskan bagaimana kriptografi dapat mengamankan data sampai pada level baris (row) dan kolom (field) dengan tetap memperhatikan integritas data dan kewenangan setiap pengguna basis data. Algoritma kriptografi yang akan digunakan ialah algoritma kriptografi simetris dan bersifat stream cipher sehingga data hasil enkripsi (cipherteks) mempunyai ukuran yang sama dengan data asli (plainteks). Teknik kriptografi simetris dipilih karena diharapkan dengan algoritma ini proses enkripsi – dekripsi data dapat dilakukan dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan algoritma kriptografi kunci publik (asimetris).
Berdasarkan atas informasi diatas, penulis membuat sebuah implementasi dengan menerapkan metode sistem enkripsi simetris dalam pengamanan login aplikasi program yang dibentuk kedalam Tugas Akhir untuk menyelesaikan studi pada program Sarjana Strata Satu (S1) Sekolah Tinggi Teknik Harapan dengan judul “Implementasi Pengamanan Basis Data dengan Teknik Enkripsi”.

Tugas 2 Metodologi Penelitian
Buat Identifikasi Masalah, Rincian Masalah, Tujuan Dan Maksud Penelitian Dari Sebuah Latarbelakang Sebelumnya.


Identifikasi Masalah


Identifikasi Masalah keamanan dan kerahasiaan merupakan salah satu aspek penting dari suatu pesan, data, atau intormasi. Dalam hal ini sangat terkait dengan betapa pentingnya pesan, data, atau informasi tersebut dikirim dan diterima oleh pihak atau orang yang berkepentingan. Pesan, data, atau info, dan masih akan tidak berguna lagi apabila di tengah jalan informasi itu disadap atau disalahgunakan oleh orang yang tidak berhak atau berkepentingan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengamankan data atau informasi adalah dengan mengenkripsi data tersebut. Enkripsi tersebut bertujuan agar data atau informasi penting atau rahasia tidak dapat diketahui atau dimanfaatkan oleh pihak yang tidak berhak. Pengamanan data tidak hanya sebatas mengupayakan agar data tersebut tidak dibaca oleh pihak yang berkepentingan, tetapi juga bagaimana agar data tersebut tidak dapat dimanipulasi atau dimodifikasi, sehingga dibutuhkan suatu cara agar diperoleh integritas terhadap data tersebut. Dalam kriptografi terdapat berbagai macam sistem sandi (Cryptosystem) yang memiliki algoritma dan tingkat kerahasiaan yang berbeda. Salah satunya adalah R0T13, metode inilah yang akan diterapkan didalam aplikasi enkripsi dan deskripsi ini. Disamping itu aplikasi ini menggunakan kunci simetris (symmetric key), dimana kunci untuk enkripsi sama dengan kunci untuk dekripsi.

Rumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah yang ditetapkan di atas, selanjutnya permusan masalah dalam penelitian ini diajukan dengan pertanyaan penelitian (research questions) sebagai berikut :
1.    Bagaimana merancang suatu perangkat lunak pengenkripsian basis data pada data login yang dapat membantu keamanan aplikasi program dan database ?
2.    Rentannya sistem keamanan data, sehingga perlu dicari pemecahannya. Bagaimana cara memecahkanan masalah ini agar dapat dipecahkan dengan menggunakan suatu metode yaitu metode enkripsi dengan menggunakan algoritma kriptografi ?
3.    Bagaimana cara agar penyusup didalam jaringan komunikasi data tidak mengakibatkan penggunaan password dalam proses pengamanan data mudah ditembus dengan waktu yang relatif singkat?
4.    Apa kesulitan yang dihadapi didalam merancang sistem keamanan data, yang menjadi suatu tuntutan didalam pembuatan sistem informasi untuk menyertakan suatu sistem keamanan yang cukup memadai?

Maksud Penelitian
Adapun maksud dari penelitian ini adalah :
1.    Merancang suatu perangkat lunak pengenkripsian basis data pada data login yang dapat membantu keamanan aplikasi program dan database.
2.    Membuat pemecahan masalah agar dapat dipecahkan dengan menggunakan suatu metode yaitu metode enkripsi dengan menggunakan algoritma kriptografi.
3.    Mengetahui cara agar penyusup didalam jaringan komunikasi data tidak mengakibatkan penggunaan password dalam proses pengamanan data mudah ditembus dengan waktu yang relatif singkat.
4.    Adanya kesulitan didalam merancang sistem keamanan data, yang menjadi suatu tuntutan didalam pembuatan sistem informasi untuk menyertakan suatu sistem keamanan yang cukup memadai.

Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1.      Membangun SI yang meningkatkan daya saing terutama dalam pembuataan rancangan sistem keamanan login aplikasi program dengan menggunakan enkripsi.
2.      Menghasilkan aplikasi program sistem keamanan dengan menggunakan teknik enkripsi.
3.      Mempelajari teknik pengamanan enkripsi dalam berbagai macam sistem sandi (Cryptosystem) yang memiliki algoritma dan tingkat kerahasiaan yang berbeda.

Tidak ada komentar: