Jumat, 18 April 2014

SISTEM INFORMASI APLIKASI ABSENSI DAN PENGGAJIAN KARYAWAN

BAB I
PENDAHALUAN

1.1 Latar Belakang
Suatu perusahan yang didirikan baik kecil, menengah, ataupun besar pasti mempunyai suatu tujuan yang sama yaitu bagaimana caranya agar mendapatkan suatu keuntungan. Oleh sebab itu suatu perusahaan akan melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan yang diharapkannya, baik proses produksi barang atau jasa, membeli produk-produk untuk di jualbelikan dan penjualan, administrasi atau kegiatan lain yang mencapai mendukung tercapainya tujuan. Untuk mencapai kesuksesan dan berkembanganya suatu perusahaan perlu adanya suatu cara yang tepat, sistematis dan dapat dipertanggung jawabkan. Dengan adanya komputer sebagai alat pengolah data, maka semua bidang yang dianggap penting dan utama dalam suatu perusahaan ataupun instansi dapat dikomputerisasikan.
Kebutuhan akan teknologi komputer semakin diminati oleh berbagai kalangan baik di perusahaan maupun instansi pemerintah dan swasta. Hal ini berkaitan erat dengan pekerjaan, karena pekerjaan yang dilakukan dengan dukungan teknologi dapat menghemat baik dari segi waktu, ruang, tenaga, biaya, dan lain-lain.
CV. RISDA AMANAH mempunyai jumlah karyawan yang ada pada saat ini terdapat 13 orang karyawan yang ahli dalam bidang masing-masing adapun untuk rinciannya, Administrasi terdapat tiga orang Devi Apriyani, Lilis, dan Rani, untuk bagian service komputer lima orang Ade, Andi, Gugun, Irfan, Ucu, Service printer hanya satu orang yaitu Soni, Marketing terdapat 5 orang, Aldi, Hari, Jafar, dan Riaz.
Begitu juga dengan CV. RISDA AMANAH yang masih menggunakan cara manual dalam absensi karyawannya. Absensi karyawan ini secara modern sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan pengolahan data yang lebih baik dalam proses manajemen. Hal ini sangat menguntungkan karena dapat memonitoring prensensi karyawan pada CV. RISDA AMANAH, mempermudah dalam pengecekan karyawan, dan meminimalkan segala resiko yang akan terjadi.
Berdasarkan latar belakang diatas maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut di usulkan adanya suatu “Aplikasi Monitoring Presensi Karyawan Berbasis WEB di CV. RISDA AMANAH”.

1.2 Materi Kerja Praktek
Dalam kerja praktek ini aktifitas yang dilakukan meliputi identifikasi dari sistem yang ada di CV. RISDA AMANAH untuk mencari dan mengidentifikasi serta memonitoring karyawan. Pada sistem yang berada di lapangan absensi karyawan masih dilakukan secara manual yang memungkinkan terjadinya informasi yang faktual dan presisi. Untuk itu perlu di buat sebuah aplikasi yang bisa membantu untuk absensi karyawan secara tepat dan bisa di akses dimanapun, sehingga memudahkan salah satu pemilik perusahan untuk monitoring karyawannya.

1.3 Tujuan Pembahasan
- Membangun aplikasi monitoring presensi karyawan berbasis WEB di CV. RISDA AMANAH.
- Meningkatkan kinerja perusahaan dalam proses monitoring presensi karyawan berbasis web.
- Memberikan kemudahan pada karyawan untuk berabsensi sehingga tidak bersifat manual.

1.4 Sistematika Penulisan
Judul dari laporan kerja praktek ini adalah “Aplikasi Monitoring Presensi Karyawan Berbasis WEB di CV. RISDA AMANAH” sistematika yang digunakan adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini merupakan gambaran secara garis besar isi laporan yang di dalamnya memuat latar belakang, materi kerja praktek, tujuan pembahasan dan sistematika pembahasan.

BAB II TINJAUAN UMUM
Bab ini membahas tentang tinjauan umum CV. RISDA AMANAH yang meliputi gambaran umum institusi dan sejarah singkat.


BAB III METODOLOGI
Bab ini berisi menjelaskan tentang uraian metode yang digunakan dalam pembahasan serta langkah-langkah penyelesaian masalah yang meliputi analisis sistem yang ada, sistem usulan dengan alat bantu flowchat sistem, rancangan input dan output, rancangan kebutuhan teknologi, Data Flow Diagram (DFD), spesifikasi proses, Entity Relationship Diagram (ER-D), struktur tabel, rancangan alur, rancangan antarmuka serta menjelaskan teori-teori yang berasal dari studi pustaka dengan laporan yang diperlukan.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini memuat tentang uraian tentang hasil dan bagaimana hasil tersebut dicapai dari setiap aktivitas yang dilakukan selama kerja praktek dilakukan. Hasil yang dimaksud adalah Aplikasi Monitoring Presensi Karyawan Berbasis WEB di CV. RISDA AMANAH. Pembahasan memuat pembahasan hasil aktivitas yang diperoleh selama melakukan kerja praktek. Pembahasan dapat berupa uraian tentang mengapa hasil diperoleh, keunggulan dan kelemahan penerapan hasil kerja praktek bagi CV. RISDA AMANAH.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini membahas tentang kesimpulan yang merupakan rangkuman dari pembahasan masalah dan sarana yang perlu diperhatikan berdasarkan keterbatasan-keterbatasan yang ada pada sistem usulan, serta diakhiri dengan daftar pustaka dan lampiran

Tampilan Layar from Login 



Jika Anda Tertarik dengan aplikasi ini silahkan hub. 085659688917

Tidak ada komentar: