Sabtu, 18 Oktober 2014

Sejarah Perusahaan RIDA Computer TASIKMALAYA




BAB II
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

2.1        Gambaran Umum CV. RISDA AMANAH
CV. RISDA AMANAH adalah sebuah perusahan swasta yang bergerak dalam bidang penjualan barang elektronik, perusahaan ini juga mempunyai owner dan wakil owner baik didukung oleh 14 orang karyawan yang ahli dalam bidangnya masing-masing, Administrasi terdapat tiga orang Devi Apriyani, Lilis, dan Rani, untuk bagian service komputer lima orang Ade, Andi, Gugun, Irfan, Ucu, Service printer dua orang yaitu Soni dan Ijal, Marketing terdapat 5 orang, Aldi, Hari, Jafar, dan Riaz. Kesetaraan dan kesejenisan barang elektronik tampak pada bagian-bagian rincian itu, yakni acessoris laptop & PC, laptop, notebook, printer, LCD, CPU, speaker, tas laptop / notebook, infocus, camera digital, tinta printer, catridge, kabel – kabel, joystick, kertas photo, dan lain – lain. Perusahaaan ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1997 yang berlokasi di Jl. Sukalaya Barat No. 74 Tasikmalaya oleh Bpk. Ir. H. Dadan dan dibawah kepemimpinan Ibu Hj. Rini S.Ag hingga sekarang.

CV. RISDA AMANAH lebih dikenal dengan nama Ridacom. Banyak orang beranggapan bahwa RIDA merupakan singkatan dari pemimpin atau pemilik perusahaan itu sendiri, karena bila dikaitkan nama RIDA sangat cocok dengan nama depan pemimpin atau pemilik perusahaan itu yaitu Ibu Hj. Rini, S.Ag dan Bpk. Ir. H. Dadan. Tapi sebetulnya nama RIDA bukan berasal dari singkatan nama depan pemimpin atau pemilik perusahaan itu, bila dikaitkan mungkin itu hanya kebetulan saja tetapi RIDA COM mempunyai arti singkatan itu sendiri yaitu Resolution Digital Computer.
Pada tanggal 1 Januari 2001, CV. RISDA AMANAH berpindah lokasi ke Jl. Cieunteung No. 61 Tasikmalaya. Kemudian, pada tahun 2004/2005 perusahaan ini mulai melebarkan usahanya dengan membuka cabang di beberapa tempat di Tasikmalaya diantaranya,  di Jl. Raya Singaparna Kabupaten Tasikmalaya dan Jl. Ir. Juanda Kabupaten Ciamis.
Pada tanggal 14 Agustus 2009, CV. RISDA AMANAH kembali berpindah lokasi ke Jl. Bebedilan No. 5A Tasikmalaya. Hingga sekarang CV. RISDA AMANAH terus memperlihatkan perkembangannya dengan kembali membuka cabang di Jl. Cieunteung (pertigaan jl. Bebedilan) yang bernama Rdone Computer.
Rdone Computer merupakan cabang resmi dari CV. RISDA AMANAH yang didirikan pada tanggal 8 Desember 2011. Tak berhenti sampai disini perusahaan inipun kembali membuka cabang  di Jl. Sutisna Senjaya No. 53 Tasikmalaya.
CV. RISDA AMANAH terus mengalami perkembangan sampai sekarang terbukti pada tanggal 1 juni 2013 Acer Indonesia menunjuk CV. RISDA AMANAH sebagai Acer  Authorized Service Provider  atau dealer resmi penyediaan produk Acer di Wilayah Priangan Timur.

2.2        Struktur Organisasi
Dalam suatu organisasi, tugas dan tanggung jawab dari setiap personil sangat diperlukan, agar tercipta suatu kejelasan arah dan koordinasi. Berikut adalah struktur organisasi pada CV. RISDA AMANAH:

Gambar 2.2 Struktur Organisasi CV. Risda Amanah
Deskripsi kerja di CV. RISDA AMANAH yaitu:
1.      Owner
Owner merupakan pemimpin tertinggi perusahaan dan juga selaku pemilik perusahaan. Perincian tugasnya adalah :
-          Sebagai owner tertinggi perusahaan yang membidangi pengembangan perusahaan, pengadaan modal dan pengeluaran modal.
-          Membuat dan mengatur strategi perusahaan untuk mencapai target.
-          Menciptakan suasana yang baik dalam perusahaan dimana personil dapat melakukan kewajibannya dengan efektif.
-          Memimpin, mendidik, mengarahkan, membina kerjasama, memberikan motivasi serta mengawasi kegiatan-kegiatan yang telah direalisasikan oleh perencanaan yang telah disetujui bersama.
-          Memberikan kekuasaan (mandat) kepada para karyawan.
-          Bertanggung jawab penuh pada kondisi dan kemajuan perusahan.
2.      Karyawan
Karyawan, kadang dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Karyawan mempunyai arti yang cukup luas, yaitu setiap orang yang dipekerjakan oleh orang lain dengan diberi imbalan/upah. Dikatakan luas karena meliputi kalangan yang bekerja di tempat elit seperti bank, kantor pemerintah, sampai mereka yang bekerja di lingkungan rumah tangga.
Karyawan mempunyai tugas tugas yang sudah ditentukan oleh atasannya atau yang mengatur. Biasanya karyawan tinggal melaksanakan hal yang diinstruksikan atau kadang juga bisa mengekspresikan kreatifitasnya sepanjang hal itu diketahui oleh pemberi instruksi. Kecepatan, ketepatan, ketelitian dan kerapihan merupakan hal yang harus diperhatikan bagi seorang karyawan, karena hal itu menentukan penilaian atasan atas diri seorang karyawan. Masalah yang harus menjadi perhatian adalah ketepatan waktu, banyak perusahaan yang sangat ketat menerapkan disiplin waktu tetapi ada juga yang longgar.
Karyawan di CV. RISDA AMANAH memiliki bagian-bagian dalam melaksanankan tugas pekerjaannya diantaranya sebagai:
·         Administrator
Deskripsi pekerjaan seorang pegawai administrator perkantoran mencakup berbagai fungsi yang luas. Pegawai administrator bertanggung jawab untuk operasionalisasi organisasi dan tugas yang terdiri atas semua fungsi dari penanganan sumber daya manusia sampai menyeimbangkan asset keuangan, bergantung pada kebijakan dan kondisi pekerjaan dari organisasi tersebut. Pegawai administrator perkantoran bertanggung jawab untuk melakukan berbagai kegiatan organisasi sejalan dengan misi dan visi organisasi.
Perincian tugas administrator perkantoran diantaranya:  
-          Orang yang mengawasi fungsi staf sehari-harinya dan memastikan produktivitas dengan pemeriksaan kualitas kerja.
-          Pegawai administrasi perkantoran harus melakukan wawancara kerja dan terkadang memilih kandidat dan kemudian melatihnya jika diperlukan untuk memastikan semua pekerjaan sesuai dengan standar, aturan dan peraturan lembaga.
-          Pegawai administrator perkantoran membantu dan mendukung karyawan baru dengan mendidik dan melatih karyawan baru dan juga memberikannya sebuah ide mengenai tanggung jawab khususnya dan juga berkomunikasi dengan syarat dan kondisi kerja. Pada dasarnya membantu mereka sepenuhnya untuk mengenalkan karyawan baru pada perusahaan.
-          Pegawai administrator perkantoran harus mengelola dan mengatur penggajian dan kemudian akan memastikan keakuratan, waktu dan efisiensi distribusi penggajian karyawan.
-          Pegawai administrator perkantoran harus melakukan penilaian dan evaluasi secara terus menerus mengenai kinerja kerja staf dan membantu dalam proses promosinya.
-          Pegawai administrator perkantoran juga terlibat dalam pekerjaan dasar institusi seperti perencanaan, pengorganisasian dan pengelolaan berbagai kegiatan.
-          Pegawai administrator perkantoran akan menangani berbagai kegiatan dengan sangat cermat dan melalui pengamatannya bertanggung jawab untuk membuat rekomendasi-rekomendasi penting pada manajemen dan juga menangani kegiatan-kegiatan khusus dengan perusahaan.
-          Pegawai administrator perkantoran harus mengeluarkan perkiraan pengeluaran tahunan dan menuliskan anggaran belanja perusahaan.
·         Marketing atau pemasaran
Marketing adalah ujung tombak yang menjadikan suatu perusahaan akan meraih kesuksesan atau kemunduran. Marketing mempunyai tugas utama, yaitu menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan yang mempunyai target pasar sesuai dengan yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut.
Adapun tugas sebagai seorang marketing sebuah perusahaan adalah sebagai berikut:
-          Menjaga dan meningkatkan volume penjualan. 
-          Menyiapkan prospek klien baru.
-          Menganalisa data keuangan klien dengan tujuan penaksiran investasi klien. 
-          Merekomendasikan strategi investasi yang sesuai dan menguntungkan untik klien. 
-          Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. 
-          Memiliki keterampilan secara kuantitatif yang baik.
-          Mempertahankan pelanggan yang telah ada. 
-          Memastikan pencapaian target penjualan. 
-          Membuat laporan penjualan perusahaan. 
-          Melaporkan aktivitas penjualan perusahaan kepada atasan. 
·         Service atau perbaikan
Servis sering juga disebut dengan istilah perbaikan (jasa). Pengertian dari perbaikan itu sendiri adalah usaha untuk mengembalikan kondisi dan fungsi dari suatu benda atau alat yang rusak akibat pemakaian alat tersebut pada kondisi semula. Proses perbaikan tidak menuntut penyamaan sesuai kondisi awal, yang diutamakan adalah alat tersebut bisa berfungsi normal kembali. Perbaikan memungkinkan untuk terjadinya pergantian bagian alat/spare part.     

2.3    Peta Lokasi
 
 Gambar 2.3 Peta Lokasi CV. Risda Amanah

Tidak ada komentar: